Kentang Goreng Sambel Balado

 KENTANG GORENG SAMBEL BALADO

Goreng kentang dengan sambel balado – pedas menu utama hari raya. Menjelang Idul Fitri, bagi kaum Ibu tentu sudah mulai merencanakan menu apa saja yang akan dihidangkan saat hari raya tersebut tiba. Namun, dari sekian banyaknya pilihan menu makanan di hari raya, balado kentang adalah menu wajib. Kata ‘Balado’di belakangnya sudah jelas menunjukan rasa pedas dari olahan kentang yang satu ini.

Kombinasi kentang dan balado mampu menggugah selera Anda. Untuk hari raya, kentang balado bisa menjadi sambal atau menu pendamping dari menu utama,ketupat dan opor. Sedangkan untuk di hari biasa, Anda bisa menjadikan kentang balado sebagai menu makanan utama yang disajikan bersama nasi, bisa disajikan dengan kuah,sop.

Bahan-Bahan:

1. 1/2 kg kentang ukuran sedang atau besar. Potong bentuk dadu atau sesuai selera. Bisa juga diiris tipis membulat.
2. 12 lembar daun jeruk purut.
3. 4 lembar batang serai yang digeprek.
4. Daun salam 4 lembar.
5. Garam, secukupnya.
6. Merica bubuk, secukupnya.
7. Gula merah, secukupnya.
8. 3 sendok makan air asam jawa.
9. 200 ml minyak goreng.

Bumbu halus:
1. 16 buah cabai merah besar atau sesuai selera.
2. 6 buah cabai keriting merah atau lebih banyak untuk rasa yang lebih pedas.
3. 20 butir bawang merah.

Cara memasah kentang sambel balado:

-Setelah dipotong-potong, kentang direndam dalam larutan air garam dan kapur. Tujuannya agar kentang tidak hitam serta memiliki tekstur renyah. Diamkan selama beberapa menit kemudian buang airnya dan tiriskan.

-Panaskan minyak goreng dalam wajan. Kemudian goreng kentang tersebut hingga matang, warnanya kuning keemasan. Tiriskan kentang yang telah digoreng agar minyaknya turun. Sisihkan, Panaskan wajan baru, beri minyak secukupnya untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan.

-Tumis bumbu hingga baunya tercium, kemudian tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk purutnya. Aduk kembali hingga aromanya semakin keluar.

-Tambahkan garam, merica, air asam jawa, serta gula merah. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur dan mengental. Anda bisa mencicipinya untuk memastikan rasanya cukup.

-Setelah bumbu mengental, masukan kentang goreng yang sebelumnya telah disisihkan tadi. Aduk kentang hingga tercampur sempurna dengan bumbu balado tersebut.

-Biarkan sebentar kentang tersebut dimasak sambil terus diaduk agar bumbu meresap. Kemudian angkat. Sajikan selagi hangat bersama nasi putih atau ketupat.

Demikian dari resep kami semoga berguna bagi keluarga Untuk kreasi dalam pembuatan kentang balado tersebut, Anda bisa menambahkan bahan lainnya seperti potongan ati ayam atau ampela,petai, tempe, atau udang.Selain rasanya akan lebih enak dengan ragam tambahan, nutrisinya pun lebih kaya dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *