Kue Wajik

Kue Wajik

Masih ingat dengan kue tradisional asli indonesi ini biasanya berwarna coklat atau hijau dengan rasa yang sangat manis, Tetapi buat teman teman pasti masih ingat dong bagaimana kelezatan kue wajik khas Indonesia ini.

Ada beberapa macam jenis kue ini, seperti wajik ketan nangka, wajik ketan pandan, wajik ketan hitam dan lainnya. Tetapi dengan banyaknya aneka macam cemilan modern yang masuk ke negara kita, resep kue wajik ini memang sekarang tidak sepopuler aneka macam resep kue yang lain.

Kue wajik mungki n memang tidak terlalu terkenal oneh anak-anak, tetapi kalau mereka sudah merasakan kelezatannya,pasti akan ketagihan. Dari beberapa zaman kue Wajit ini memiliki banyak macam macam resep Wajit sepertiresep Wajik nangka, Wajik hijau yang berasal dari ekstrakan daun pandan, resep wajik ketan hitam dan yang lainnya.

Tetapi kali ini kita akan mencoba cara membuat Wajik ketan dengan gula merah. Kalau teman teman ingin berkreasi sendiri, teman teman bisa menambahkan sendiri pasta pandan, coklat, isi nangka dan yang lainnya.

Walaupun cara bikin Wajik cukup sederhana, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasil jadinya nanti sempurna dan enak. Sebaiknya gunakan buah kelapa dan jangan menggunakan santan instan yang banyak dijual di toko kelontong supaya hasilnya lebih enak dan legit.

Bahan bahan Resep Wajik Ketan Manis Gula Merah

  1. Seperti namanya, Kue Wajik membutuhkan bahan utama berupa 500 gram beras ketan kualitas bagus yang utuh dan tidak patah patah. Gunakan beras ketan yang masih bagus dan tidak bau apek.
  2. Buah kelapa ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 buah. Parut daging kelapanya dan peras buat santan kurang lebih sebanyak 700 gram.
  3. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 90-105 gram saja. Bisa juga menggunakan gula yang berwarna agak kekuningan asalkan bersih dari kotoran.
  4. Gula merah jawa kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram untuk memberikan aroma dan rasa manis alami di Kue Wajik ketannya. Potong menyamping atau sisir sisir gulanya sampai halus supaya mudah saat proses membuat Wajik nya nanti. Komposisi gula merah jawa bisa ditambahkan kalau suka manis dan ingin membuat Wajik dengan warna lebih coklat tua.
  5. Daun pandan segar ukuran sedang besar kurang lebih sebnayak 4 lembar saja untuk menambah aroma. Jangan lupa cuci bersih terlebih dahulu sebelum digunakan.
  6. Minyak goreng baru secukupnya untuk mengolesi loyang yang akan digunakan dan pisau untuk memotong supaya tidak lengket.
  7. Daun pisang segar secukupnya. Cuci terlebih dahulu lalu keringkan sebelum dipakai untuk alas loyangnya.

Cara Membuat Wajik Ketan Enak Sederhana

  1.  Langkah pertama adalah cuci beras ketan yang sudah dipersiapkan sampai benar benar bersih. Cara mencucinya seperti
    mencuci beras untuk memasak nasi pada umumnya.
  2. Siapkan kukusan dengan api sedang dan beri air secukupnya. Masukkan beras ketan yang sudah dicuci diatas kedalamnya dan kukus sampai setengah matang atau kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 22-30 menit lalu angkat dari kompor (tergantung banyaknya beras yang dipakai, dandang kukusan, api kompor dan air yang digunakan). Sesekali percikan air di atas beras ketan supaya tidak kering dan kelembabannya terjaga.
  3. Ambil panci buat rebusan yang ukurannya agak besar dan hidupkan dengan api sedang.
  4. Masukkan santan yang sudah dipersiapkan diatas dan gula pasir nya. Aduk aduk sampai gula pasir larut sempurna.
  5. Masukkan gula jawa yang sudah disisir halus lalu aduk aduk lagi sampai gula merah larut.
  6. Karena biasanya gula merah itu mengeluarkan kotoran, setelah gula merah larut maka angkat dulu lalu saring sampai bersih.
    Baru kemudian direbus lagi dengan api sedang.
  7. Masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Sebaiknya daun pandan dibuat simpul atau diikat terlebih dahulu
    supaya mudah dimasukkan ke dalam panci. Aduk aduk kembali sampai campuran santan dengan bahan lainnya ini kelihatan berminyak
    dan kental.
  8. Ambil beras ketan yang sudah dikukus tadi dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan santan diatas.
  9. Tetap diaduk aduk supaya beras ketan dan bahan lainnya tercampur sempurna dan larutannya kelihatan berkurang dan beras
    ketannya matang.
  10. Siapkan loyang atau wadah cetakan plastik lainnya juga boleh.
  11. Ambil daun pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dan tarus sebagai alas di cetakannya. Beri dan lapisi dengan sedikit minyak supaya tidak lengket. Tuang adonan kue wajik yang sudah matang diatas ke dalamnya lalu ratakan.

Silakan dicoba resep-resep pembuatan kue wajik semoga bermanfaat bagi keluarga anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *