Pepes Ayam Sederhana

Resep Pepes Ayam

Pepes Ayam Sederhana
Pepes Ayam Sederhana – Pepes salah satu menu masakan yang banyak mempunyai variasi, untuk resep kali ini kami mencoba dengan dengan menggunakan daging ayam, daging ayam merupakan lauk yang selalu ada dirumah kita. Untuk tidak membuat olahan menu menjadi monoton dengan daging ayam, maka kami membuat resep pepes ayam sederhana. berikut bahan-bahannya :
> Daging ayam ukuran besar yang masih segar kurang lebih sebanyak setengah ekor. Potong daging ayam menjadi 10-12 bagian lalu cuci bersih dan kemudian tiriskan.
> Batang serai yang sudah dimemarkan sebanyak 4-5 batang. Ambil bagian pangkal putihnya saja.
> Buah cabai rawit atau bisa juga menggunakan cabai merah besar (kalau tidak suka pedas) sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 8-11 buah. Cuci bersih dan iris kecil kecil.
> Daun salam untuk memberikan aroma khas pepesnya kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
> Daun kemangi yang masih segar secukupnya. Cuci bersih lalu potong ambil bagian daunnya saja.
> Lengkuas secukupnya. Potong dan iris iris menjadi 5-6 bagian.
> Jahe ukuran sedang sepanjang kurang lebih 1 ruas jari orang dewasa (bumbu halus).
> Terasi yang sudah dibakar sebelumnya kurang lebih sebnayak 1 sendok kecil (bumbu halus).
> Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 2 siung (bumbu halus).
> Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja (bumbu halus).
> Kunyit sepanjang 1 ruas jari orang dewasa (bumbu halus).
> Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja (bumbu halus).
> Daun pisang dan lidi secukupnya untuk membungkus pepes ayamnya. Sebaiknya daunnya dijemur dulu di panas matahari dulu atau dibakar sebentar supaya lemas dan mudah dibentuk saat untuk membungkusnya.
> Minyak sayur atau minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya.

Cara Membuat Pepes Ayam

> Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya lalu masukkan jahe,bawang merah, bawang putih, terasi, kunyit dan garamnya. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum lalu angkat dari kompor.
> Masukkan daging ayam yang sudah dipotong potong ke dalam wajan lalu aduk aduk supaya bumbunya meresap (kalau perlu bisa sedikit ditusuk tusuk supaya benar benar meresap ke dalam dagingnya).
> Masukkan daun kemangi, irisan lengkuas, cabai rawit dan bahan lain kalau suka (misalnya tomat). Aduk aduk semua sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
> Masukkan dan diamkan sebentar di lemari pendingin supaya bumbunya meresap ke dalam daging ayamnya (kurang lebh selama 45 menit).
Ambil daun pisang yang sudah dipotong lalu tuang adonan pepes ayam diatas. Tutupi dengan daun salam dan serai lalu bungkus. Ulangi sampai semua adonan habis.
> Siapkan panci kukusan dan masukkan bungkusan daun pisangnya. Masak dengan api sedang sampai matang atau kurang lebih selama 45 menit sampai 50 menit.

Perbanyak pengetahuan anda tentang masakan di kuliner indonesia, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang ada dan juga tak kalah gurih dan lezat, silahkan mencoba berbagai resep dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *