RESEP ES PISANG IJO LEMBUT DAN SEGAR

RESEP ES PISANG IJO LEMBUT DAN SEGAR

RESEP ES PISANG IJO LEMBUT DAN SEGAR

RESEP ES PISANG IJO LEMBUT DAN SEGAR – Es pisang ijo merupakan resep minuman segar yang terbuat menggunakan bahan dasar dari pisang.

Dimana es pisang ijo ini adalah minuman khas dari daerah Makasar. Umumnya minuman es akan sangat menjadi sebuah andalan dalam menuntaskan dahaga pada saat akan berbuka puasa.

Ataupun hanya sekedar untuk melepaskan dahaga pada saat siang hari dengan matahari terik.

Biasanya orang hanya akan mengenal minuman es buah ataupun hanya es campur saja. Namun selain dari kedua varian minuman es, ada juga jenis es lainnya.

Dimana belakangan ini banyak sekali ditemukan dari gerobak kaki lima hingga menu dalam restoran.

Apalagi jika bukan es pisang ijo yang sudah digandrungi oleh masyarakat, Kuliner ini sendiri berasal dari Makasar dan mampu untuk mencuri hati para penikmat dari kuliner.

Semua itu dikarenakan es pisang ijo menawarkan kelezatan, keunikan, serta kesegaran yang bisa dirasakan oleh banyak orang.

TIPS DALAM MEMBUAT RESEP ES PISANG IJO

Ada beberapa tips yang akan kami jelaskan tentang cara membuat minuman es pisang ijo agar bisa dinikmati dan memiliki tekstur lembut.

Hal terpenting pada saat akan buat es pisang ijo, tentunya kalian haruslah memastikan berbagai jenis bahan dari resep pembuatan es pisang ijo.

Meskipun memiliki nama ijo, namun dalam penggunakan pisang dalam pembuatan es pisang ijo adalah pisang raja.

Pisang raja yang akan digunakan haruslah dipilih yang telah matang. Dalam artian hal tersebut matang namun tidaklah terlalu tua sehingga akan terlihat terlalu lembek.

Selain pisang dalam membuat es pisang ijo, adonan tepung kulit dadar dalam es buah satu ini juga haruslah menggunakan takaran pas dan sesuai dengan resep.

Apabila terlalu banyak atau tidak tepat akan membuat adonan kulit dadarnya akan memiliki hasil kurang bagus. Dimana nantinya kulit dadar hijau tersebut akan membungkis pisang raja akan menjadi terasa leboj keras dan memiliki tekstur kenyal.

Selain dari cara bikin pisang ijo nya, pastinua juga kuah dalam resep pembuatan es satu ini jugalah sangat penting dan perlu untuk diperhatikan.

Dalam hal ini akan sangatlah berbeda dengan proses pembuatan kuah dalam resep minuman tradisional lainnya. Kuah dalam resep es pisang ijo memiliki tekstur lebih kental dan memiliki rasa gurih.

Semua itu dikarenakan terbuat dari santan asli dan dimasak menggunakan tepung beras agar rasa yang dihasilkan akan mengundang selera penikmatnya.

Agar bisa menambah rasa lezat pada rasa dari es pisang ijo, maka pisang ijo yang telah diberikan kiah vla kental. Maka siramlah lagi menggunakan sirup manis serta susu kental manis.

Hal terpenting lainnya yang sangat tidak boleh dilupakan adalah memberikan es batu supaya minuman satu ini memilikih citarasa enak dan pastinya segar.

Sehingga mampu untuk menghilangkan dahaga pada saat buka puasa ataupun dikarenakan teriknya matahari saat siang.

Bagi anda yang sudah penasaran dan ingin segera belajar membuat es pisang ijo. Maka kami akan memberikan resep es pisang ijo segar dengan tekstur lembut sebagai berkut ini.

Resep Pembuatan Es Pisang Ijo Enak Dan Segar

Bahan yang digunakan dalam membuat es pisang ijo:

  • 8 buah pisang Raja yang sudah matang
  • 150 gr tepung terigu
  • 150 gr tepung beras
  • 60 gr gula pasir
  • 300 ml santan kental
  • 250 ml air perasan daun pandan (blender 2 ikat daun pandan + 250 ml air, lalu peras)
  • 3 tetes pewarna hijau makanan/pasta pandan
  • Kertas minyak secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Bahan bikin vla:

  • 500 ml santan kental
  • 50 gr tepung beras
  • 2 ikat daun pandan
  • 100 gr gula pasir
  • ½ sdt garam

Bahan pelengkap es pisang ijo

  • Es batu secukupnya
  • Sirup Coco Pandan secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya

Proses pembuatan es pisang ijo:

  1. Hal pertama adalah membersihkan setiap bahan-bahan, kemudian kukuslah pisang raja sekitar 10 menit hingga matang. Selanjutnya adalah kupas kulit pisang dan sisihkanlah.
  2. Masukanlah terpung terigu serta tepung beras kedalam wadah dan campurlah menggunakan santan serta air daun pandan. Selanjutnya aduh perlahan supaya adonan tidak ada yang menggumpal.
  3. Selanjutnya tambahkan gula serta pasta pandan ataupun pewarna hijau dan aduklah hingga merata.
  4. Kukuslah adonan sekitar 20 menit. Setelah itu angkat dan diaduk hinga menjadi kalis.
  5. Siapkan kertas minyak, lalu ambil beberapa sendok adonan dan taruh di atasnya. Pipihkan adonan, kemudian letakkan pisang dan balut dengan adonan. Pastikan seluruh bagian pisang tertutup adonan dengan rapi. Lakukan hal yang sama sampai pisang habis.
  6. Letakkan pisang yang sudah dibungkus adonan ke atas daun pisang. Kukus pisang lebih kurang 15 menit. Usahakan ada jarak antar pisang agar tidak menempel saat dikukus. Angkat pisang saat sudah matang lalu dinginkan.
  7. Sambil menunggu pisang matang sempurna, siapkan panci untuk membuat vla. Masukkan semua bahan untuk membuat vla.
  8. Masaklah dengan api kecil sambil diaduk terus sampai mendidih dan mengental.
  9. Untuk penyajiannya, tuangkan beberapa sendok vla sesuai selera Anda. Kemudian potong-potonglah pisang hijau dan letakkan di atas vla. Tambahkan es batu lalu siram es dengan sirup Coco Pandan dan susu kental manis.

Author: jordan smith