Resep Kolak Biji Salak Ubi

Resep Kolak Biji Salak Ubi

Resep Kolak Biji Salak Ubi

Resep Kolak Biji Salak Ubi – Kolak ini merupakan cemilan asli Indonesia, kolak sudah mulai jarang ditemukan karena kalah dengan makanan dan minuman dari luar. kami disini untuk membagi resep pembuatan kolak biji sala ini agar tetap lestari dan tetap menjadi kuliner khas indonesia yang selalu di cari, biar kelak anak cucu kita masih mengetahui cemilan khas yang satu ini. berikut bahan dan cara pembuatannya :
Bahan Resep Biji Salak :
1. Seperti namanya, bahan utama yang diperlukan adalah ubi jalar yang kondisinya bagus dan tidak busuk.
2. Teman teman juga bisa menggunakan ubi ungu atau ubi cilembu supaya warnanya nanti dan aromanya lebih cantik.
3. Tepung Kanji atau biasa disebut juga tepung tapioka kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
4. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja atau sesuai selera.

Bahan Resep Bubur :
1. Bahan utama yang diperlukan adalah 250 gram gula merah jawa atau bisa juga menggunakan gula aren. Potong kecil kecil serong atau sisir halus gulanya supaya mudah tercampur dengan air dan bahan lainnya.
2. Garam dapur yang mempunyai kandungan kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
3. Gula pasir berwarna putih atau sedikit kuning juga boleh kurang lebih sebanyak 50 gram.
4. Daun pandan segar ukurang sedang besar kurang lebih sebanyak 2-4 lembar. Cuci bersih dahulu daun pandannya sebelum digunakan.
5. Air bersih atau air matang kurang lebih sebanyak 750 ml.
Bahan Saus Santan :
1. Daun pandan kurang lebih sebanyak 2 lembar untuk memberikan aroma harum. Cuci bersih dan ikat simpul supaya mudah untuk dimasak.
2. Santan kental kurang lebih sebanyak 300-350 ml. Lebih baik kalau menggunakan santan dari perasan buah kelapa, tetapi kalau tidak ada bisa diganti juga dengan santan instan yang banyak dijual di pasaran.
3.Garam dapur untuk menguatkan rasa asin dan gurihnya kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.

Cara Membuat Kolak Biji Salak Sederhana
> Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah membuat biji salaknya. Pertama kupas ubi jalar atau ubi ungu yang digunakan lalu cuci bersih supaya getahnya hilang.
> Siapkan kukusan dan beri air secukupnya. Setelah panas masukkan ubi yang akan digunakan dan tunggu sampai ubi benar benar matang dan empuk supaya mudah kalau mau dihaluskan.
> Setelah matang haluskan ubi sampai benar benar halus, lalu masukkan garam dapur beryodium dan tepung tapioka yang sudah dipersiapkan sebelumnya. > Campurkan dan aduk aduk menggunakan tangan supaya benar benar halus. Beri sedikit air supaya nanti mudah dibentuk lalu aduk aduk lagi supaya kalis.
> Setelah adonan kalis, ambil sedikit adonan lalu bentuk menggunakan tangan kecil kecil menyerupai biji salak. Ulangi sampai semua adonan habis dan terbentuk rapi.
> Langkah kedua adalah membuat bubur biji salak nya. Ambil satu panji dan beri air bersih yang sudah dipersipakan.
> Setelah mendidih masukkan gula merah yang sudah disisir halus lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
> Setelah matang, angkat panci lalu saring supaya kotoran kotoran yang menempel hilang dan benar benar bersih air gulanya.
> Setelah bersih rebus air gula merah nya lagi lalu masukkan garam dapur beryodium dan daun pandan yang sudah diikat simpul. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
> Masukkan biji salak yang sudah dibentuk di langkah pertama ke dalam kuah resep biji salak nya, lalu rebus lagi sambil sesekali diaduk aduk sampai biji salaknya benar benar matang dan mengapung.
> Tambahkan sedikit tepung maizena supaya lebih kental. Masak sampai kuahnya keluar letupan letupan kecil.
Untuk saus santannya, rebus santan bersana dengan daun pandan dan tambahkan sedikit garam. Aduk aduk terus sampai santan mendidih.

jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang ada di Kuliner Indonesia yang juga tak kalah gurih dan lezat, silahkan mencoba berbagai resep dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *