Sate bebek

Sate bebek

Sate bebek
Sate bebek – Selain daging ayam yang bisa kita buat menu sate, sekarang kita mencoba membuat sate dengan daging bebek. karena daging bebek tekstur lebih alot dari ayam, perlu mengelolah terlebih dahulu dagingnya, ayo..bunda kita coba buat sate bebek, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan:
2 kg bebek
Asam jawa secukupnya
2 siung bawang putih
15 biji cabe merah
1/8 liter minyak sayur
Garam secukupnya
Merica secukupnya
15 biji bawang merah
Gula merah secukupnya

Bahan Pelengkap:
Acar timun dan bawang
Sambal kecap
Nasi hangat

Persiapan Membuat Sate Bebek:
Cara pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat hidangan sate bebek kali ini cukup mudah. Yakni pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah membersihkan daging bebek yang anda beli. Hal ini penting sekali karena mungkin sebagian orang akan kesulitan membersihkan daging bebek yang masih berbulu. Untuknya, pastikan anda sudah mencuci dan menghindarkan daging bebek dari bulu dan kotorannya.
Setelah selesai, silahkan fillet daging bebek dengan memisahkan daging dengan kulitnya. Daging bebek pada umumnya lebih alot dibandingkan dengan daging ayam. Untuk itu, guna memudahkan anda melakukan cara ini maka gunakanlah pisau yang tajam.
Bila sudah selesai mem-fillet daging bebek, silahkan potong kira-kira 2 cm daging bebek. Dan lakukan cara ini pada semua daging bebek yang tersisa.
Masukkan daging kedalam wadah dan sisihkan sementara.
Lalu kucuri bagian daging dengan menggunakan jeruk nipis dan taburi sedikit dengan menggunakan garam. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan daging bebek dari bau amis yang mungkin masih tersisa.
Bila sudah selesai, simpan dalam wadah dan tutupi bagian atasnya dengan menggunakan penutup lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan agar bumbu meresap secara merata.

Cara Membuat Sate Bebek:
Panaskan minyak, masukkan semua bumbu kedalamnya, kecuali beberapa bumbu seperti asam jawa, gula merah, merica dan juga garam.
Aduk-aduk semua bahan secara merata sampai tercampur dan teraduk secara merata. Tumis bumbu sampai tercium harum dan tidak tercium bau bawang yang masih mentah.
Kemudian, angkat semua bumbu yang anda tumis dan langsung tampung pada cobek. Selanjutnya silahkan haluskan semua bumbu ini secara merata sampai halus.
Kemudian, kini anda akan dapat membaluri daging bebek dengan menggunakan bumbu masak yang sudah anda haluskan sebelumnya.
Silahkan lumuri sampai daging bebek merata dan tercampur dengan semua bumbu yang anda masukkan kedalamnya.
Selanjutnya diamkan dalam wadah tersebut dan tunggu selama kurang lebih 4 jam sampai bumbu meresap kedalam daging dan menghilangkan bau amis pada daging dengan lebih baik.
Bila sudah usai silahkan tusuk daging bebek dengan menggunakan tusukan yang sudah tersedia. Tusuk masing-masing sebanyak 4 sampai dengan 5 pada satu tusukkan. Atau sesuaikan dengan selera anda.
Siapkan pembakaran dan gunakan pembakaran dengan menggunakan bara api. Pembakaran jenis ini akan membantu anda untuk dapat memasak daging dengan lebih matang merata. Selain itu, pembakaran semacam ini akan membantu anda mendapatkan rasa sate daging yang lebih lezat.
Jangan lupa untuk dibulak-balik dan angkat bila sudah matang. Selanjutnya silahkan sajikan hidangan ini dengan aneka macam topping dan nasi hangat yang sudah anda siapkan sebelumnya.

jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang ada di kuliner indonesia yang juga tak kalah gurih dan lezat, silahkan mencoba berbagai resep dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *