Sate Pentul Ikan Tuna

Sate Pentul Ikan Tuna

Sate Pentul Ikan Tuna
Sate Pentul Ikan Tuna – Mengolah ikan tuna bisa juga dijadikan masakan sate, dengan tampilan olahan yang berbeda membuat selera makan anda sekeluarga semakin bertambah, mari kita coba mengolah sate pentul ikan Tuna, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan :
400 gram daging ikan tuna
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh garam
3 sendok makan santan kental instan
1 buah jeruk nipis, ambil airnya
18 batang serai, untuk tusuk sate

Bumbu yang Dihaluskan :
7 butir bawang merah, goreng
2 lembar daun jeruk purut
2 buah cabai merah goreng
2 siung bawang putih, goreng
2 buah cabai rawit goreng

Persiapan Membuat Sate Pentul Ikan Tuna :
Bersihkan ikan dan senantiasa mengaduk ikan dan meremas-remasnya secara merata sajian ini ketika dicuci sampai bersih.
Angkat ikan yang sudah dibersihkan secara merata. Lalu masukkan kembali kedalam wadah dan sisihkan air cuciannya secara merata.
Untuk menghilangkan bau amis pada ikan maka anda akan senantiasa mengucurkan perasan air jeruk nipis. Lalu aduk-aduk secara merata dan pastikan daging ikan tercampur kedalamnya.
Diamkan bahan ini selama kurang lebih 10 menit agar bumbu jeruk nipis yang anda lumuri tadi dapat meresap kedalamnya dengan merata.

Cara Membuat Sate Pentul Ikan Tuna :
* Campur daging ikan Tuna beserta gula pasir bersama dengan garam, santan kental dan bumbu halus. Aduk-aduk semua sajian ini secara merata sampai tercampur dan teraduk.
* Kemudian ambil batang serai yang sudah anda siapkan. Lalu sendokkan adonan daging ikan tuna pada tangan dan bentuk dalam batang serai seperti sate pentul.
* Lakukan hal yang sama pada sisa adonan yang masih ada secara merata. Kemudian sisihkan dalam sebuah wadah sebelum anda menggoreng hidangan ini.
* Untuk menggoreng sajian ini maka silahkan siapkan sebuah wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukkan minyak goreng dan tunggu sampai minyak menjadi lebih panas secara merata.
* Setelah minyak panas maka anda akan dapat menuangkan sate kedalamnya dan goreng sampai matang hingga berwarna kecoklatan.
* Angkat sajian ini dan tiriskan minyaknya secara merata. Lalu sisihkan dan siapkan pembakaran.
* Panggang sajian sate ikan tuna diatasnya sampai berwarna kecoklatan dan tercium bau harum. Lalu angkat sajian ini dan sajikan dalam piring saji.

jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang ada di kuliner indonesia yang juga tak kalah gurih dan lezat, silahkan mencoba berbagai resep dibawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *